Selasa, 28 Desember 2010

Tren Komunikasi 2011

    Tak terasa, kita sudah ada di penghujung tahun 2010 dan segera berganti menjadi tahun 2011. Berganti tahun, juga berarti berganti trend. Mulai dari trend busana, teknologi, sampai komunikasi pun akan berubah. Lalu, trend komunikasi seperti apakah yang akan hadir di tahun Kelinci ini?

    Teknologi. Kita mungkin sering menjumpai orang berlalu lalang dengan membawa netbook. Atau bahkan hanya sekedar ngopi sambil browsing dengan netbooknya. Perlu kita sadari bahwa kita hidup di jaman mobile.

    Sangatlah penting bagi kita untuk menyadari bahwa munculnya ponsel-ponsel smartphone bisa berarti peningkatan yang lebih tajam pada penggunaan internet non-web. Orang akan semakin cepat mengakses media social yang berakibat pada terjadinya fenomena besar terhadap arus informasi di Indonesia.

    Penggunaan perangkat mobile seperti smartphone ini adalah media yang baik untuk aplikasi internet yang tidak memerlukan website, contohnya saja social media ( Twitter, Facebook, dll).
Semakin berkembangnya media social dikarenakan kini semua orang memiliki media sendiri.

    Dengan begitu, dapat mencari inovasi baru misalnya saja membuat sebuah aplikasi untuk smartphone, sehingga publik bisa dengan mudah mengakses website perusahaan. Dan seiring berjalannya waktu, teknologi ini mulai akan menggantikan peranan media massa konvensional.

    Open News. Akan terbesit, apa sih open news itu? Jujur saja open news memang belum banyak diekspose di Indonesia. Karena yang sering kita ketahui, PR ya berhubungan erat dengan press release. Mencari key message yang akan disampaikan melalui press release tersebut, menulis press releasenya sampai dengan press release itu disetujui oleh atasan kita.

    Pasti membutuhkan waktu yang sangat lama. Belum lagi masalah, menunggu wartawan untuk menelpon kita dan menanyakan press release yang kita buat. Rasanya akan sangat lama sekali dan berbelit-belit. Dengan Open News ini, akan dapat mempermudah kita dalam menyampaikan berita dari perusahaan. Citizen journalism, blog dan Twitter yang merupakan beberapa media yang digunakan publik dalam mengupdate berita, berita yang akan diumumkan perusahaan dapat disampaikan kepada public secara langsung dibanding menggunakan media massa. Dan beberapa website yang memberikan fasilitas open news, antara lain : www.openyoureyesnews.com, openpublishapp.com, www.pitchengine.com.
Cyber PR. Dunia cyber memang menjadi salah satu momok tersendiri bagi kita.

    Dari awal artikel ini memang banyak dibahas mengenai kekuatan teknologi. Dan memang itu lah kenyataannya yang harus kita ketahui, bahwa teknologi akan menjadi sebuah keharusan bagi publik untuk dipelajari dan dijalankan. Karena memang inilah dunia ke-PR-an yang akan terjadi. Jika kita tidak dapat menguasai dunia cyber ini, yang pasti, kita akan tertinggal dari orang lain yang telah terlebih dahulu menguasainya dan menjalankannya. Ini yang namanya sebuah pilihan. Menjadi up to date atau menjadi PR konvensional, itu adalah pilihan kita.

    Teknologi sudah semakin berkembang, bahkan akan terus berkembang ke depannya. Namun sayangnya, masih banyak orang yang tidak mengenal teknologi ataupun bahkan malas untuk tahu mengenai teknologi dan bahkan lebih suka untuk menggunakan cara konvensional dalam berkomunikasi via telepon atau sms. Meskipun begitu, kita masih tetap harus menyeimbangkan cara kita dalam berkomunikasi, karena bagaimanapun, kita masih memerlukan bantuan manusia dalam beberapa hal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar